Home

Wednesday, July 22, 2020


Pengertian Jaringan Komputer : Manfaat, Jenis dan Macam-Macam Jaringan Komputer
 Radio, televisi, telepon sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini.
Dengan adanya internet, penyebaran informasi menjadi lebih cepat diterima oleh berbagai masyarakat, bahkan jika mereka tinggal jauh di berbeda benua dengan kita. Mereka tetap akan dapat menerima informasi terbaru hanya bermodalkan internet.
Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas mereka, entah itu berkomunikasi, berjualan online dan lain sebagainya. Yang kita bahas kali ini bukan soal internet, namun mengenai jaringan komputer. Tahukah anda pengertian jaringan komputer? Dan apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Manfaat Jaringan Komputer

Kita sudah membahas mengenai pengertian jaringan komputer, selanjutnya kita akan berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer itu sendiri. Terdapat banyak sekali manfaat jaringan komputer, antara lain :

  1. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
  2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  3. Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  4. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  5. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  6. Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.
sumber: https://www.nesabamedia.com/pengertian-jaringan-komputer/

No comments:

Post a Comment

Test diagnostik lingkungan kerja scratch

https://www.liveworksheets.com/w/id/informatika/2309442